Monday, April 21, 2014
   
Text Size

Bumbu Chinese Food

Memasak

chinese food adalah masakan yg cita rasanya didominasikan oleh rasa gurih dan sedikit asin. Bumbu yg digunakan tidak serumit bumbu yg dipakai pada masakan tradisional.

Bumbu yg sangat umum digunakan pada chinese food di antaranya, five spice powder atau dikenal juga dgn nama bumbu ngohiong, merica bubuk, minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan dll.

BerikutĀ  Bumbu Wajib Untuk Chinese Food

Five Spice Powder ( Bumbu Ngohiong )
Five spice biasa dikenal dgn nama bumbu ngohiong. Bentuknya seperti bumbu masak instan dan memiliki rasa dan aroma yg khas. Anda busa membuatnya sendiri sebab bahan pendukungnya cukup mudah didapat. Terdiri dari lima macam rempah, 0,5 sdt merica bubuk, 8 butir biji pekak, 0,5 sdt cengkih bubuk, 1 sdm kayu manis, dan 1 sdm adas bubuk. Seluruh rempah dihaluskan lalu disimpan dalam wadah tertutup agar tahan lebih lama. Bumbu ini bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat dalam kemasan botol.

Kecap Asin
Rasanya yg asin dan sedikit gurih membuat kecap asin banyak digunakan sebagai pengganti garam dalam berbagai Chinese Food. Terbuat dari kedelai yg dicampur garam dan bumbu penyedap.

Kecap Ikan
Kecap ikan adalah salah satu bahan penyedap yg banyak digunakan pada Chinese Food. Warnanya seperti kecap asin dgn rasa yg sedikit lebih gurih dan beraroma lebih tajam. Terbuat dari jenis ikan yg berukuran kecil, seperti ikan kembung, ikan betong, dan sebagainya sehingga kecap ikan memiliki kandungan asam amino esensial yg lebih tinggi. Kecap ikan diproses dgn cara difermentasikan secara alami oleh bakteri dari ikan itu sendiri.

Saus Tiram
Saus tiram memiliki warna cokelat kehitam-hitaman. Bentuknya sangat kental mirip seperti saus tomat botolan. Rasanya asin dan gurih karena terbuat dari ekstrak tiram yg dipadu dgn berbagai rempah, garam, gula, dan bahan penyedap. Saus tiram banyak digunakan pada Chinese Food yg bentuknya tumisan atau tidak berkuah.

Minyak Wijen
Tak lengkap rasanya jika chinesse food tidak dibubuhi minyak wijen. Seperti namanya, minyak wijen memang terbuat dari wijen hitam yg diolah sedemikian rupa sehingga menjadi minyak. Biasanya minyak wijen, digunakan sebagai umbu rendaman atau baru dimasukkan sesaat setelah masakan matang agar aromanya yg khas tidak rusak oleh proses memasak yg lama.

Merica
Merica bukan hal yg aneh lagi. Rasa rempah yg pedas dan hangat sangat cocok dipakai dalam berbagai masakan, seperti tumisan dan sup. Ada dua jenis merica yg sering digunakan pada masakan oriental, yakni merica putih dan hitam. Perbedaan keduanya terletak pada aroma.

Bawang Putih
Meski bawang putih bukan bumbu wajib bagi sebuah masakan, tidak demikian dgn chinesse food. Bawang putih tidak pernah absen pada berbagai masakan China, baik yg berupa tumisan, gorengan, maupun sup.

Kaldu Ayam

Penggunaan kaldu pada masakan oriental baik sup maupun tumisan, akan menghasilkan rasa yg lebih gurih bila dibandingkan dgn hanya menggunakan air putih biasa. Kaldu yg paling sering digunakan adalah kaldu ayam, yakni rebusan tulang ayam yg dicampur dgn sedikit bumbu, gula, dan merica, dan beberapa jenis sayuran.

Data Pengunjung

Today105
Yesterday544
Week105
Month11483
All409320

Currently are 20 guests online

Artikel Bisnis