Saturday, October 25, 2014
   
Text Size

Tips Menggunakan Kulkas dengan Baik

Alat Rumah Tangga

Salah satu alat rumah tangga yang terus dipakai tanpa henti dengan listrik adalah lemari pendingin alias kulkas. Otomatis, pemakaian listrik berarti pengeluaran. Celakanya, kita kerap mengabaikan masalah penghematan untuk penggunaanlemari pendingin.Supaya tak terjadi lagi, ikuti tips bagaimana cara menurunkan pemakaian energi tapi makanan tetap menjadi dingin dan segar.

  • Yang paling utama adalah pemeliharaan. Begitu lemari es dinyalakan, berarti ia akan terus “hidup” selama 24 jam sehari. Karena itu, pemeliharaan amat penting.
  • Perhatikan dengan seksama bahwa pintu kulkas selalu tertutup rapat. Jaga kebersihannya dan periksa secara rutin apakah terjadi kebocoran, rusak, dan sebagainya.
  • Jangan lupa bersihkan bagian belakangnya, setidaknya setahun sekali. Gunakan alat penyedot debu untuk menghilangkan debu kemudian lap bersih. Jika Anda tak sanggup, panggil tukang reparasi.
  • Sebaiknya “pensiunkan” lemari pendingin yang sudah terlalu tua usianya. Masalahnya, alat tersebut sudah tidak efisien lagi dan hanya membuat Anda harus mengeluarkan ongkos (untuk perbaikan karena sering ngadat, listrik yang lebih besar) yang lebih besar.

Mungkin Anda akan berpikir, sayang kalau dibuang. Tapi dengan berbagai pertimbangan (daya listrik lebih kecil, lebih bersahabat dengan lingkungan, lebih dingin, lebih cantik modelnya), sebaiknya pikirkan untuk membeli yang baru.

  • Jika membeli kulkas baru, perhatikan baik-baik labelnya. Cari yang menggunakan daya listrik tak terlalu besar, bebas polusi, dan sebagainya. Pendek kata, teliti sebelum membeli.
  • Jangan menghidupkan temperatur lemari pendingin terlalu rendah karena pengeluaran untuk rekening listrik akan lebih mahal. Atur dengan temperatur 3-6 derajat Celcius dan untuk freezer antara -15 hingga – 17 derajat Celcius.
  • Hindari memasukan makanan atau sayuran terlalu banyak sehingga isi lemari es menjadi amat padat. Ingat, harus selalu ada ruangan di dalam kulkas sehingga sirkulasi udara tetap berjalan baik dan makanan menjadi tetap segar.
  • Makanan akan lebih tahan lama dengan bantuan temperatur dingin daripada udara. Jadi, jangan khawatir, masukkanlah semua jenis makanan ke dalam kulkas. Satu hal yang jangan dilupakan, sisakan tempat kosong untuk peredaran udara.
  • Di dalam freezer tidak perlu ada ruangan. Cara terbaik menyimpan makanan di freezer adalah dengan memasukkannya ke dalam kotak yang tertutup rapat. Jika masih ada sisa ruangan, bisa diisi dengan botol atau plastik yang diisi air sehingga hawa dingin tetap terjaga.
  • Untuk menghindari gelumbung es di freezer, jangan membuka terlalu lama pada waktu Anda mengambil atau mencari sesautu di dalamnya. Makin sering pintu dibuka, makin besar energi yang dibutuhkan. Otomatis, semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan.
  • Jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas atau freezer. Biarkan dulu di luar, di suhu normal sampai dingin, baru setelah itu masukkan.

 

Data Pengunjung

Today50
Yesterday923
Week6348
Month21980
All575422

Currently are 26 guests online

Profil Usaha Gratis

Artikel Bisnis